PENTINGKAH PERAN TEKNOLOGI UNTUK MAKANAN ?

Di era globalisasi ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Penguasaan terhadap teknologi komunikasi maupun informasi mutlak kita miliki, jika tidak mau terlindas dan tergerus era yang kaya akan kompetisi. Dewasa ini, kebutuhan akan teknologi semakin besar, apalagi teknologi informasi maupun komunikasi ini dapat memberikan kemudahan yang begitu besarnya dalam segala bidang, seperti dalam bidang pendidikan, perbankan, kedokteran, industri, pertanian dan sebagainya.

Teknologi informasi membawa kemudahan tersendiri bagi masing-masing bidang. Salah satu contoh teknologi informasi komunikasi adalah internet. Disini, kita bisa menjelajah dunia tanpa batas. Melalui sarana ini, segala informasi yang tersebar di seluruh dunia pun dapat kita lihat dengan mudahnya. Hal ini mengakibatkan, kerja kita lebih efektif dan efisien.

Pertanian merupakan salah satu bidang yang perkembangan teknologinya cukup pesat. Walaupun banyak muncul perkembangan dalam bidang pertanian, teknologi yang  bermanfaat  harus dapat diaplikasikan. Mengapa ? Karena masih
banyak orang yang belum dapat mengaplikasikannya, terutama pada masyarakat pedesaan. Akan tetapi, jika kita mampu untuk mengaplikasikanya, IT akan menjadi sumber manfaat bagi kita.
Berbagai macam kontribusi diberikan oleh IT demi kemajuan pertanian, khususnya dalam teknologi pangan saat ini. Salah satunya yaitu sebagai sarana mempermudah proses produksi maupun proses pengolahan pangan. Dengan komputer, proses produksi akan menjadi lebih efektif dan efisien. Berbeda dengan jaman saat teknologi masih minim, semua dikerjakan oleh manusia secara manual. Hal itu akan membuat kerja menjadi kurang efektif dan hanya membuang tenaga serta waktu.

Teknologi pangan merupakan suatu bagian dari proses pertanian industri. Proses dari pertanian industry antara lain, budidaya tanaman, panen, pasca panen, pengangkutan, pengolahan pangan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya. Tahap demi tahap menghasilkan suatu produk makanan yang berkualitas memerlukan informasi, baik dari segi bahan baku, cara pengolahan, maupun cara pengemasannya. Setiap sistem yang diterapkan untuk mendapatkan informasi, harus menghasilkan suatu bentuk output yang akurat dan lengkap dengan memperhatikan efisiensi waktu serta mudah diakses. IT yang diterapkan dapat berupa pengolahan, pertukaran serta pengelolaan data menjadi suatu informasi.

Selain itu, IT khususnya komputer juga dapat membantu dalam pengawasan numeric ataupun pengawasan proses. Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan.
Pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang otomatis proses produksinya dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi.

Manfaat lain yang tidak kalah pentingnya, IT dapat dijadiakan sarana penunjang kreatifitas bagi produsen yang ingin membuat desain-desain produk pangan terbaru. Dengan perkembangan IT, komputer dapat mendukung dengan berbagai macam software yang dibutuhkan dalam pengolahan pangan. Contohnya, komputer dapat digunakan sebagai pengawas keadaan dari zat-zat kimia dari produk yang akan diolah, sehingga produsen dapat memantau dengan mudah apa yang akan ia produksi. Dari segi pengemasan, mesin-mesin khusus digunakan untuk membuat kemasan dan mengotomatisasi proses ini untuk memaksimalkan efisiensi dan mengurangi biaya produksi.

Selain dari segi produksi, IT juga bermanfaat dalam segi pemasaran. Contoh yang paling mudah adalah iklan serta publikasi produk-produk yang diolah. Jika kita menggunakan luasnya jaringan IT, akan lebih mudah memasarkannya. Dari sini terlihat, bahwa IT sangat berperan penting dalam suatu proses pengolahan makanan, dari mulai pembuatan desain bungkus produk, hingga marketing via online pun tidak terlepas dari jasa sebuah mesin yang dibuat oleh perkembangan IT.


Kini dalam teknologi pengolahan pangan, beberapa aplikasi atau program komputer sangat diperlukan. Antara lain meliputi penggunaan software komputer dalam manajemen produksi dan pemasaran. Dalam manajemen produksi membutuhkan komputer untuk mengontrol proses produksi dari awal perncanaan hingga barang jadi, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan manajemen organisasi. Beberapa aplikasi komputer pengontrol proses produksi, meliputi proses perencaan bahan baku, jumlah produksi, biaya produksi ( mesin, pegawai, external costing ), kapasitas dan jumlah mesin, hasil proses produksi (barang 1/2 jadi , barang jadi ) serta laporan nilai produksi. Selain itu, ada juga beberapa aplikasi komputer pengontrol penjualan barang jadi, meliputi stok control, cetak faktur ( keluar dan retur ), nilai penjualan, laporan stok dan laporan penjualan per kelompok detil penjualan.

0 Response to "PENTINGKAH PERAN TEKNOLOGI UNTUK MAKANAN ?"

Posting Komentar