Kenapa Harus Teknik Sipil??


Menurutku teknik sipil adalah salah satu cabang ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung tetapi juga mencakup lingkungan untuk kebutuhan manusia. Teknik sipil mempunyai ruang lingkup yang luas, di dalamnya pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi

, lingkungan hingga komputer mempunyai peranannya masing-masing. Teknik sipil dikembangkan sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya. Prospek kerja teknik sipil sangat luas. Pembangunan yang sedang gencar dilakukan merupakan peluang kerja yang dapat dimanfaatkan oleh lulusan teknik sipil. Selain berkerja di bidang konstruksi, lulusan teknik sipil juga dapat berkerja sebagai penilai bangunan yang dapat bekerja di bank. Lulusan teknik sipil dituntut memiliki perencanaan yang matang dan juga pelaksanaan rencana yang baik. Bagi saya selain memiliki prospek kerja yang bagus, teknik sipil juga dapat mengajarkan kita untuk lebih mandiri dan lebih menghargai waktu. Jadwal kuliah yang padat dan diselingi dengan tugas mandiri yang lumayan berat, mau tidak mau akan membuat kita pandai mengatur waktu dan tidak bergantung kepada orang lain, terlebih lagi
kepada orang tua. Banyak pengalaman dan ilmu baru yang akan kita dapatkan Kendala terbesar yang mungkin saya hadapi yaitu perbedaan antara teori yang didapat di bangku kuliah dengan permasalahan yang dihadapi di lapangan. Permasalahan di lapangan memiliki berbagai macam faktor yang harus diperhatikan agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan.
Sedangkan Teknik sipil di Umm sendiri teknik sipil memiliki :
                                                            Visi, Misi dan Tujuan
  Visi :
Menjadi Jurusan Teknik Sipil yang unggul dibidang rancang bangun infrastruktur dan berperan dalam penyediaan sumberdaya manusia yang islami.
Misi :
1.    Menyelenggarakan program pendidikan dan pengajaran yang efektif dibidang rancang bangun infrastruktur untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif, kreatif, mandiri dan amanah.
2.    Mengembangkan program penelitian dan kegiatan ilmiah yang mendukung perkembangan bidang rancang bangun infrastruktur untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran serta penyebaran ilmu.
3.    Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.
4.    Mengembangkan program kerjasama dengan lembaga nasional dan internasional untuk mendukung efektifitas program pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  Tujuan Pendidikan :

Menghasilkan Sarjana Teknik Strata Satu yang profesional dan islami dengan memiliki dasar pengetahuan, ketrampilan dan sikap, serta mampu mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu dan teknologi bidang teknik sipil.
Untuk mencapai tujuan di atas, maka Jurusan Teknik Sipil dalam meyelenggarakan proses belajar mengajar didukung dengan kegiatan praktikum melalui laboratorium-laboratorium :
1.    Laboratorium Fisika
2.    Laboratorium Struktur dan Beton
3.    Laboratorium Hidrolika
4.    Laboratorium Geodesi
5.    Laboratorium Jalan Raya dan Transportasi
6.    Laboratorium Mekanika Tanah
7.    Laboratirum Gambar dan Auto CAD
8.    Pusat Omputasi dan Aplikasi Teknik Sipil

Laboratorium tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan laboratorium yang memenuhi standar laboratorium kebutuhan kerja menurut DIRJEN DIKTI. Laboratorium ini tidak hanya digunakan untuk mahasiswa, tetapi juga digunakan untuk melakukan penelitian baik oleh mahasiswa dan dosen dari dalam dan luar UMM. Selain itu, juga digunakan sebagai pusat layanan dan pengujian di konstruksi untuk praktisi.

Pusat Aplikasi teknik sipil digunakan untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja dan peningkatan daya saing lulusan teknik sipil pada aplikasi komputer di mana pusat perhitungan telah menggunakan perangkat lunak berlisensi untuk program teknik sipil, seperti: AUTOCAD, STAAD-Pro, Microsoft Project, Water-Net, Geo-Slope dll

Kompetensi Lulusan :
Kompetensi lulusan yang dihasilkan sebagai sasaran penyelenggaraan pendidikan dijurusan teknik sipil antara lain : Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dasar, matematika dan prinsip-prinsip Teknik Sipil yang dimiliki dalam kegiatan kerja yang produktif di bidang Teknik Sipil.
1.    Mampu bekerja secara efektif sebagai individual dan dalam tim multi disiplin.
2.    Mampu merancang, merencanakan, melaksanakan serta melakukan pengawasan pada pekerjaan
3.    Gedung sampai dengan 3 (tiga) lantai dan jembatan sederhana
4.    Infrastruktur dan Prasarana bidang transportasi ; jalan, bandara, pelabuhan
5.    Jaringan irigasi dan bangunan air.
6.    Mampu menciptakan kerja mandiri / wiraswasta di bidang teknik sipil atau yang bidang lainnya.
7.    Mampu mengembangkan diri dan mengadaptasi perkembangan teknologi dibidang Teknik Sipil dengan berbantuan komputer.




0 Response to "Kenapa Harus Teknik Sipil??"

Posting Komentar